AYD, Praktik Hidup Keberagaman

thumbnail of LOGO AYD GANTUNG

SANMARDEPOK.COM-  Pertemuan Orang Muda Katolik se-Asia (Asian Youth Day) pada tahun 2017 yang akan diselenggarakan di Yogyakarta 30 Juli-sampai  6 Agustus 2017. Acara orang muda ini bertema “Yoyful Asian Youth: Living the Gospel in Multicultural Asia” direncanakan dihadiri tak kurang 2.000 orang dari perwakilan 29 negara Asia.

Acara tersebut sebagai ajang perjumpaan kaum muda Katolik. Pertemuan itu secara khusus akan belajar untuk memahami dan mempratikkan hidup dalam kebhinnekaan, agama, budaya, dan sosial di Indonesia.

Kaum muda Katolik lintas  negara di Asia itu akan berefleksi dan menemukan nilai iman serta budaya. Kegiatan yang dilakukan juga menjalin dialog berkomunikasi dengan keanekaragaman. Seiring dengan itu, saat ini telah dan sedang berlangsung Kirab Salib dari Paroki yang satu ke Paroki yang lain secara bergilir divlingkup Keuskupan Agung Semarang.

Salib sederhana yang terbuat dari bambu asal Filipina tersebut telah berkeliling di tujuh negara (termasuk Indonesia saat ini) dan akan dipakai pada puncak pertemuan Orang Muda Katolik (OMK) mendatang.   Adapun tujuan Kirab Salib untuk memperkenalkan Salib AYD dan mensosialisasikan pertemuan Orang Muda Katolik se-Asia kepada seluruh Umat Katolik.

Membagikan suka cita Injili kepada bangsa-bangsa Asia yang beragam ini menjadi tema pertemuan OMK se-Asia.  Sebagai mana seruan Bapa Paus Fransiskus, orang Katolik, termasuk para OMK berani pergi ke ‘Ujung Dunia’  untuk hadir menjadi sahabat dan saudara bagi semua orang, sehingga wawasan Multikultural mestinya dimiliki oleh para orang muda Katolik.

Mari Orang Muda Katolik jangan berkutat dengan diri sendiri.  Dunia, khususnya bangsa-bangsa Asia menanti Anda dalam suka cita Injili lewat berbagai perjumpaan budaya, dialog dan kerja sama antar agama, serta berbagai usaha untuk memerangi kemiskinan dan ketidakadilan.              

Bahan tulisan: dari berbagai sumber.    Yosephus. Eko Putranto. Wilayah. St. Bertinus

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*